en id

BANDARA JENDERAL AHMAD YANI RAIH PENGHARGAAN BANDARA TERBAIK DI ASIA-PASIFIK

11 Sep 2025

kembali ke list


Semarang, 11 September 2025 - Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang kembali menorehkan prestasi membanggakan di kancah internasional. Bandara kebanggaan masyarakat Jawa Tengah ini berhasil meraih gelar sebagai bandara terbaik di Asia-Pasifik kategori 2-5 juta penumpang per tahun dalam ajang Airport Service Quality (ASQ) Award 2024 yang diselenggarakan oleh Airports Council International (ACI).

General Manager PT Angkasa Pura Indonesia Kantor Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang Fajar Purwawidada menerima langsung penghargaan ini dalam acara The ACI World Airport Experience Summit 2025 yang berlangsung di Guangzhou, Tiongkok, Rabu (10/9/2025). 

Penghargaan bergengsi ini diberikan oleh ACI sebagai bentuk pengakuan atas kualitas layanan bandara. ACI merupakan organisasi kebandarudaraan dunia yang menaungi 2.181 bandara di 170 negara. Sementara ASQ Award merupakan program global ACI yang berbasis pada survei kepuasan penumpang di seluruh dunia dan menjadi salah satu tolok ukur tertinggi di industri kebandarudaraan dunia. 

Selain menyabet gelar “Best Airport of 2 to 5 Million Passengers in Asia-Pacific”, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang juga mendapatkan pengakuan prestisius “ACI World Director General’s Roll of Excellence”. Penghargaan ini hanya diberikan kepada bandara yang telah secara konsisten menunjukkan keunggulan dalam pelayanan pelanggan, dengan memenangkan berbagai penghargaan dalam program ASQ Awards selama lima tahun dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Penghargaan ini menegaskan komitmen jangka panjang bandara terhadap kualitas layanan terbaik bagi penumpang. Kali ini, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang menjadi satu dari 10 bandara di seluruh dunia yang menerima penghargaan ini.

Kebanggaan ini semakin lengkap dengan pencapaian penting lainnya, yaitu dengan dicapainya hasil akreditasi Level 3 oleh Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang dalam ACI Customer Experience Accreditation Program 2025. Hal ini menunjukkan keberhasilan bandara dalam membangun sistem manajemen pengalaman pelanggan yang terstruktur, berkelanjutan, dan sesuai dengan standar internasional.

General Manager Bandara Jenderal Ahmad Yani Fajar Purwawidada menyampaikan rasa syukurnya atas raihan prestasi bergengsi kelas dunia ini. “Pencapaian ini adalah penghargaan bagi kita semua dan saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan komitmen seluruh insan bandara dan dukungan berbagai pihak. Semoga hal ini akan semakin meningkatkan semangat dan dedikasi kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa,” harap Fajar Purwawidada. 

Selain Bandara Jenderal Ahmad Yani, beberapa bandara lain yang dikelola oleh PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) juga berhasil meraih penghargaan dalam ASQ Awards 2024, seperti Bandara Soekarno-Hatta, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, dan Bandara Internasional Yogyakarta.

Secara keseluruhan, 10 bandara yang dikelola InJourney Airports berhasil meraih total 27 penghargaan, hal ini menunjukkan komitmen perusahaan dalam meningkatkan layanan di seluruh bandara yang dikelolanya. Hal ini sejalan dengan Customer Experience Strategic Roadmap 2026 yang tengah dijalankan InJourney Airports menuju visi besar sebagai “Wajah dan Kebanggaan Indonesia 2029” dan semakin memacu manajemen dalam berkomitmen serta berdedikasi untuk selalu meningkatkan standar pelayanan prima dan pengalaman terbaik kepada penumpang pesawat dan pengunjung bandara. 

Dengan torehan penghargaan tersebut, Bandara Jenderal Ahmad Yani tidak hanya hadir sebagai pintu gerbang Jawa Tengah, tetapi juga simbol kualitas pelayanan bandara Indonesia yang mampu bersaing pada level internasional.

Humas_CMN