en id

Di Tengah Pandemi, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Terima Penghargaan Bandara Terbaik di Asia Pasifik

14 Sep 2021

kembali ke list


Semarang, 14 September 2021 - PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang menerima penghargaan prestisius level dunia di bidang kebandarudaraan Airport Service Quality Awards (ASQ Awards) yang diselenggarakan oleh Airport Council International (ACI). Adapun penghargaan yang diterima adalah "Best Airports in Asia Pacific by Size: 2-5 Million Passengers per Year".

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Hardi Ariyanto menjelaskan "Penghargaan ini telah diumumkan oleh Airport Council International (ACI) pada bulan Maret silam, namun beberapa hari lalu dilakukan penyerahan penghargaan secara virtual dan disaksikan oleh beberapa pejabat serta karyawan. Penghargaan yang kami terima ini merupakan wujud apresiasi dan pengakuan dari komunitas penerbangan internasional serta menjadi bentuk capaian atas kerja keras semua pihak dalam menjaga keandalan layanan di bandara," ujarnya.

"Meskipun berada dalam tekanan pandemi global yang sulit ini, kami senantiasa berupaya untuk tetap memberikan layanan prima kepada seluruh pengguna jasa bandara, serta disesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten. Aspek keselamatan, keamanan, dan kesehatan juga dituntut untuk dapat berjalanan beriringan dengan aspek kenyamanan. Meskipun tantangan ini cukup sulit, kami senantiasa berupaya untuk mewujudkan aspek-aspek ini sehingga tetap berjalan dengan baik," lanjutnya.

ASQ Awards merupakan satu-satunya program benchmarking pengukuran tingkat kepuasan penumpang di bandara dunia yang dilakukan oleh ACI, organisasi kebandarudaraan dunia yang berbasis di Montreal, Kanada. Pada penyelenggaraan kali ini, sebanyak 108 penghargaan telah dimenangkan oleh 89 bandara.

Hardi turut menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan buah kerja keras Insan Angkasa Pura I. "Mewakili Manajemen, izinkan saya untuk menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh Insan Angkasa Pura I dan para stakeholder terkait lainnya atas kerja keras dan pengorbanan selama ini, terlebih di masa pandemi yang sulit ini. Semoga penghargaan ini dapat menjadi sumber penyemangat bagi kita semua untuk dapat selalu memberikan yang terbaik bagi perusahaan dan pengguna jasa bandara," tambah Hardi.

Dikutip dari rilis resmi, Direktur Jenderal ACI World Luis Felipe de Oliveira menyatakan pentingnya suara konsumen dalam industri penerbangan. "Di tengah tahun yang paling menantang dalam sejarah industri kita semua, penghargaan ASQ Awards ini diberikan kepada bandara yang memberikan prioritas untuk mendengarkan dan menanggapi suara konsumen, ini tidak pernah lebih penting lagi," ujarnya. 

"Kami senantiasa mendengarkan suara konsumen, baik itu berupa kritik, saran, dan masukan. Hal tersebut kami tujukan guna meningkatkan standar kualitas layanan atau level of service, serta untuk dapat memberikan pengalaman pengguna atau customer experience yang tak terlupakan ketika berada di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani," tutup Hardi.
*** (HumasSRG)